Rabu, 23 Januari 2013

Guru yang Baik

sejenak saya berpikir bahwa sudah sekian lama negeri kita harus mengenyam pendidikan yang lebih baik dari sebelumnya. Tentunya hal itu harus diawali dengan para pendidik yang berkualitas. Guru yang berkualitas bukan hanya Guru yang mampu dengan kepintaran tetapi juga memiliki iman yang baik. seorang guru yang baik tentu akan mendapat contoh kepada siswanya. kiprah seorang guru nampak jelas terlihat dari keperawakannya di saat ia berbicara dan memberikan bimbingan kepada siswanya. bukan hanya di dalam akan tetapi juga di luar kelas. jaman sekarang masih banyak yang membedakan kepribadian mereka di dalam kelas dengan di luar kelas. kadang-kadang jika di dalam kelas terkesan jaga image sedangkan di luar kelas, tak ada bedanya dengan siswa yang lainnya. hal inilah yang sepatutnya pemerintah ubah. saya terkesan dengan seorang dosen saya yang menyuruh mengantar tugas salah seorang teman kelas yang terlambat menyetor tugasnya. ketika itu teman saya sendiri yang berminat mengantar tugasnya, akan tetapi dosen tersebut menghalaunya. saya tidak tahu maksud dosen saya tersebut dan saya juga menganggap mungkin hanya kepribadiannya memang seperti itu. sehingga saat itu pula beliau mengamanahkan saya untuk mengantarkan tugas tersebut.
saat itu tepat pukul 10.10 menit di kantor kementerian pendidikan dan kebudayaan makassar. saya bertemu dengan dosen tersebut. mula-mula saya langsung ingin menyerahkan tugas teman saya kemudian pergi. namun ternyata berbeda dari apa yang saya harapkan. beliau mempersilahkan saya memasuki kantornya di salah satu ruang tamu kantor tersebut. beliau memberikan ceramah kepada saya tentang ilmu dan iman. dia menceritakan pengalaman seorang temannya yang berjenggot diwawancarai oleh seorang manager untuk diterima sebagai karyawan. konon katanya dia diterima bukan karena ilmunya akan tetapi karena imannya. alasannya memiliki jenggot hehehe. tentu itu bukanlah alasan utama. hal yang paling mengesankan adalah pintar tidak membutuhkan belajar keras. akan tetapi belajarlah yang dibarengi dengan keimanan. sungguh mulianya dosen saya ini memberikan pencerahan di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar